Jangan Takut Operasi Katarak!

Image

Mata merupakan organ penting manusia. Hampir 83 persen informasi yang diterima manusia berasal dari indra ini. Sehingga jika mata terganggu, hampir semua aktivitas sehari-hari akan terganggu pula. Membaca jadi sulit, melihat segala sesuatu menjadi tidak jelas.

Salah satu gangguan mata yang banyak diderita masyarakat terutama para lanjut usia (lansia) adalah katarak. Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan. Pada World Health Report 1998, sekitar 20 juta penduduk dunia mengalami kebutaan kedua mata akibat katarak. Indonesia memiliki sekitar 3,7 juta penduduk yang mengalami kebutaan dan 70 persen di antaranya disebabkan katarak. Angka ini akan terus bertambah seiring bertambahnya usia harapan hidup di Indonesia.

Katarak adalah perubahan lensa mata yang tadinya keruh dan tembus cahaya menjadi keruh, sehingga penglihatan terganggu. Secara umum, gejala katarak adalah berupa penglihatan menjadi tidak jelas seperti kabut yang menghalangi objek penglihatan, mata menjadi lebih peka terhadap cahaya, jika ditutup satu mata, penglihatan menjadi ganda, serta lensa mata berubah menjadi putih susu. Gejala di atas tidak dirasakan oleh pasien secara cepat, melainkan secara perlahan.

Katarak tidak menular dari satu mata ke mata lain, tapi dapat terjadi pada kedua mata secara bersamaan. Sebagian besar katarak diakibatkan oleh penuaan atau degenerasi sehingga banyak diderita oleh orang tua. Meski demikian, ada beberapa jenis katarak yang hanya diderita usia dini karena infeksi pada ibu hamil. Sedangkan pada penderita diabetes atau kencing manis, katarak dapat menyerang di segala usia. Selain faktor di atas, hal lain yang dapat memicu terjadinya katarak seperti paparan sinar matahari, penggunaan obat tertentu seperti steroid, trauma pada mata sebelumnya seperti pada korban kecelakaan, serta penyakit dasar yang pasien seperti darah tinggi.

Sembuh dengan Operasi
Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat-obatan, makanan, atau kegiatan olah raga yang secara spesifik dapat menghindari katarak. Salah satu upaya efektif untuk memperlambat terjadinya katarak adalah dengan melindungi mata dari sinar matahari. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dan mengobati penyakit kronis seperti kencing manis dan darah tinggi, dapat memperlambat timbulnya katarak. Pola hidup sehat termasuk di antaranya adalah berhenti merokok.

Kabar gembiranya, orang yang mengalami kebutaan akibat katarak masih memiliki kesempatan untuk sembuh melalui operasi. Namun, sebagian besar masyarakat takut membayangkan operasi. Selain membayangkan operasi yang identik dengan sakit dan berdarah-darah. Bahkan tak sedikit kabar yang beredar bahwa operasi katarak malah mengakibatkan kebutaan.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, risiko operasi dapat diminimalkan, pun operasi jadi semakin nyaman, waktu penyembuhannya juga semakin pendek. Tindakan operasi katarak dilakukan bila penglihatan telah hilang sehingga menganggu penderita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Teknik operasi katarak yang pertama kali dikembangkan adalah intracapsular cataract extraction (ICCE). Hingga tahun 1960, hanya itulah teknik operasi yang tersedia. Kemudian dunia medis mengenal extracapsular cataract extraction (ECCE).

Teknik ini membutuhkan sayatan yang lebar sehingga penyembuhannya lebih lama. Kini teknik-teknik itu telah ditinggalkan dengan lahirnya teknik fakoemulsifikasi. Dengan teknik phaco, operasi katarak dijalankan cukup dengan bius lokal atau menggunakan tetes mata antinyeri pada kornea (selaput bening mata), dan pasien pun tidak perlu dirawat inap. Teknik bedah dengan sayatan kecil ini hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit disertai waktu pemulihan yang lebih cepat. Inovasi terbaru adalah femtosecond cataract surgery. Teknik operasi ini dilakukan tanpa pisau bedah melainkan dengan menggunakan laser. Karena baru, teknik ini masih jarang digunakan di Indonesia karena keterbatasan sarana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s