Bagaimana Menurunkan Demam pada Anak?

fever
Seorang ibu mengantarkan anaknya ke dokter dengan keluhan panas tinggi sejak semalam. Setelah melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, dokter memberikan obat penurun panas untuk si anak. Lalu, apa yang harus dilakukan sang ibu? Apakah cukup hanya dengan memberi obat penurun panas?

Kesembuhan pasien bukan satu-satunya dipengaruhi oleh obat yang diberikan oleh dokter, tapi kerjasama antardokter pasien. Dokter memberi obat penurun panas saat di klinik, dan ibu merawat anak demam di rumah.

Hal sederhana yang biasa dilakukan ibu di rumah saat anak demam adalah mengompres. Sayangnya, banyak ibu yang belum mengerti cara mengompres dengan benar. Mengompres yang baik bukanlah mengompres di bagian dahi saja tapi seluruh permukaan tubuh si anak. Siapkan handuk bersih yang telah dibasahi dengan air bersuhu ruangan (bukan hangat atau air es) lalu basuhkan ke seluruh permukaan tubuh meliputi dahi hingga kaki termasuk dada, perut, hingga punggung. Permukaan tubuh yang basah akan memudahkan penguapan pada tubuh yang demam sehingga panas akan keluar dari tubuh. Mengompres ini juga berfungsi untuk membuat anak kembali segar karena sekaligus badannya dibersihkan dengan handuk basah.

Anak yang demam juga umumnya tidak mau makan dan minum. Peran ibu untuk membujuk si anak agar mau makan dan minum sangat penting. Karena banyak minum akan sangat membantu menurunkan suhu tubuh. Air yang diminum akan dikeluarkan melalui air kemih yang membawa keluar panas dari tubuh. Semakin banyak minum air putih akan semakin cepat reda demamnya.

Anak demam umumnya akan diberi jaket dan selimut tebal. Perilaku ini kurang tepat. Jaket dan selimut tebal justru akan menahan panas tetap di tubuh. Agar panas dalam tubuh bisa segera keluar, seharusnya anak diberi pakaian longgar dan tidak tebal. Hal ini memang akan membuat anak sedikit tidak nyaman. Tapi percayalah, tindakan ini akan menurunkan suhu anak dengan cepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s