Rindu Ramadhan: Persiapan

Ramadhan segera datang. Bulan ini sungguh sangat istimewa, datang hanya sekali setahun, dan mungkin saja tahun depan kita tidak bertemu lagi. Allah SWT membukakan pintu surga selebar-lebarnya di bulan ini seperti sabda Rasulullah Saw: “Jika datang bulan Ramadhan, dibukalah pintupintu surga dan ditutuplah pintu neraka serta setansetan dibelenggu” (HR. Bukhari Muslim). Allah SWT menurunkan petunjuk hidup bagi hamba-Nya berupa Al-Qur’an di salah satu malam di bulan Ramadhan. Ibarat games di super mario, di bulan Ramadhan, kita bisa dengan mudah mendapatkan koin emas sehingga skor permainan kita jadi tinggi. Hore..
Karena keistimewaannya, Ramadhan sangat pantas untuk dipersiapkan. Apa saja yang harus disiapkan menyambut bulan yang setiap waktunya adalah mustajabah untuk berdoa?
Ada empat hal yang harus disiapkan. Pertama, persiapan spiritual (ma’nawiyah) yang bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum bulan Ramadhan terutama di bulan Sya’ban. Menurut Aisyah RA dalam hadist riwayat Bukharai dan Muslim, “Dan aku tidak melihat Rasulullah Saw berpuasa di suatu bulan yang lebih banyak puasanya di bulan Sya’ban”. Kedua, persiapan akal (fikriyah) yang dapat dilakukan dengan mendalami ilmu terutama ilmu mengenai ibadah Ramadhan. Sebagai seorang muslim, tidak cukup hanya mengerti mana ibadah wajib, tapi juga harus mengerti fiqih ibadah. Misalnya apa yang membatalkan puasa, syarat sah puasa itu apa, apa itu kafarat, dll. Ketiga, persiapan jasadiyah. Persiapan ini, sesuai namanya menyiapkan kondisi fisik untuk menyambut bulan penuh ibadah. Contohnya dengan membiasakan makan makanan baik serta mengatur makan tepat waktu. Misal kita ingin puasa sebelum Ramadhan, biasakan untuk sahur.Selain sahur adalah sunnah, sahur sangat baik menjaga ritme lambung sehingga risiko sakit maag akan berkurang. Dan yang terakhir, persiapan maliyah atau pendanaan. Kita tahu bahwa ibadah di bulan Ramadhan bernilai lebih banyak berkalikali lipat dibanding di bulan biasa. Ibadah itu termasuk zakat, infaq, dan sedekah. Bagaimana kita bisa memberi jika kita kekurangan? Oleh karena itu, mempersiapkan pendanaan untuk Ramadhan menjadi sangat penting. Setuju?
Nah..semoga waktuyang semakin dekat menuju Ramadhan ini dapat kita isi dengan sebaik-baiknya. Agar saat Ramadhan nanti, kita tidak kaget dan dapat segera meraup koin emas atau pahala sebanyak-banyaknya. Mumpung masih sehat, mumpung masih muda, mumpung saya hidup di dunia 🙂

Ramadhan tahun ini harus sukses 🙂


*disarikan dari Tarhib Ramadhan LMI bersama ust. Agung Cahyadi, Surabaya: 1 Juli 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s