Kampanye “Mari Biasakan Sarapan” (1)

pin di jas putihku

Dokter tidak melulu sebagai tukang obat,menunggu pasien datang lalu memberi obat. Itu saja. Dokter tidak tahu apakah pasien sembuh dengan obatnya. Dokter juga tidak tahu apa yang membuat pasien berulangkali datang ke RS karena sakit yang sama.
Salah satu sakit yang sering membuat pasien berulang kali datang ke dokter adalah dyspepsia. Dyspepsia atau orang awam menyebutnya sakit maag adalah kumpulan gejala berupa nyeri ulu hati,perasaan penuh setelah makan sedikit,dan kembung. Nah..dyspepsia itu bisa merupakan gejala penyakit lokal dari lambung maupun dari organ lainnya. Nyeri ulu hati nggak melulu masalah lambung, tapi bisa juga merupukan keluhan gagal jantung. Makanya,orang-orang dengan nyeri ulu hati harus menemui dokternya, agar terapinya tepat sasaran.
Setelah saya amati ternyata pasien dyspepsia kebanyakan dari kalangan pondok pesantren dan anak sekolahan. Dan kebanyakan mereka perempuan! Saya sempatkan bertanya mengenai pola makan para santri-santriwati. Mereka makan 2x sehari. Kira-kira jam 9 pagi dan jam 6 malam. Jangankan makan ayam, makan tempe tahu saja jarang. Mereka biasa makan nasi plus parutan kelapa. Glek..ak ngeri. Mana proteinnya..mana seratnya.. Nggak semua pesantren kaya gitu si.. kalau para pelajar SMP/SMA beda lagi. Mereka biasanya nggak teratur makan karena males. Mereka biasa melewatkan sarapan dengan alasan nanti ngantuk, perut ntar penuh, dll. Akhirnya pas di sekolah, mereka nggak konsen dan pikirannya melayang ke kantin terus menanti jam istirahat. Akhirnya mereka beli jajan gorengan yang karbonya semakin banyak daaaan bikin gendut.
Itulah yang mendasari saya memulai kampanye ini. Saya menawarkan diri memberikan penyuluhan kesehatan gratis ke pesantren atau sekolah. Harapan saya, mereka paham bahwa sehat adalah pilihan. Dan tindakan kecil seperti membiasakan sarapan akan berdampak besar bagi kesehatan mereka. Mari biasakan sarapan, agar makin sehat dan semangat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s